Hoax Sangat Mengganggu Kehidupan

Read Time:1 Minute, 29 Second

Hasil survei online Jaringan Survei Inisiatif (JSI) menyebutkan bahwa dari 201 responden, 64 persen responden menyatakan hoax sangat detersen kehidupan. Sementara 31 persen menganggap hoax hanya sedikit berjudul. Sisanya 5 persen menyatakan tidak merayakan sama sekali.
Sedangkan untuk sisi pembangunan, 60 persen responden menyatakan akan memuat program pembangunan pemerintah. Jadi bisa disimpulkan bahwa hoax dapat dinamika sosial masyarakat. “Sebagian besar pernyataan setiap hari ada tipuan dan lebih dari sekali dalam sehari mereka terima tipuan. Ada beberapa alasan mengapa hoax itu marak.
Pertama hoax alat untuk mempengaruhi masyarakat, masyarakat senang dengan berita heboh, tidak ada tindakan hukum untuk tipuan pelanggar, ”kata Peneliti JSI, Saddam Rassanjani dalam Diskusi Publik Pemuda Melawan Hoax dan Partisipasi dalam Membangun Aceh di Kyriad Muraya Hotel, Banda Aceh, Minggu (28) / 10). Dosen Antropologi Unimal, Teuku Kemal Fasya menambahkan bahwa hoax dan hate speech (ujaran kebencian) adalah gerakan propaganda.
Kapolri sudah jadi kajian dan hal yang berkaitan dengan hal ini dan mewanti-wanti jangan sampai hoax dan hate speech di Indonesia dalam sentimen SARA. “Solusinya informasi lengkap yang Anda dapatkan, curigai tulisan-tulisan anonim, tandingi dengan informasi yang sehat, jangan menjadi“ pelaku ”sekaligus hindari diri menjadi korban, dan laporkan ke kepolisian untuk penyebaran kampanye hitam yang meresahkan melalui Undang-undang ITE (Undang-undang No 11 tahun 2008 jo Undang-undang No 19 tahun 2016), ”sebutnya.
Sementara Dosen Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) Bogor, Stepi Anriani menjelaskan hoax adalah tipuan yang bersifat sementara yang juga akan terungkap fakta yang sebenarnya. Industri yang memproduksi tipuan mendapatkan duit milyaran dari persebaran hoax. “Dia memproduksi orang-orang berkepentingan dan industrinya milyaran, dia dapat duit dan kita yang dihukum. Pelanggan hoax ada dua, yaitu yang tahu tipuan dan sengaja menyebar dan yang tidak tahu kalau yang disebarkan itu berita hoax, ”ujarnya.
Baca selengkapnya:  https://dialeksis.com/aceh/hoax-sangat-mengganggu-kehidupan/

About Post Author

Rizal

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply