Survei RTK: Elektabilitas Jokowi Teratas, Prabowo dan AHY Buntuti

Read Time:1 Minute, 35 Second

Presiden Joko Widodo, yang menuntuk Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto (kiri), usai pertemuan tertutup di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, 29 Januari 2015. Jokowi dan Prabowo, bertemu dalam rangka silahturahim dan membahas masalah-masalah terkini bangsa. ANTARA / Widodo S. Jusuf

jsithopi.org- Jakarta , Survei Roda Tiga Konsultan menunjukkan elektabilitas Presiden Joko Widodo masih memprioritaskan. Direktur Riset dan Data RTK Rikola Fedri mengatakan, jika pilpres digelar hari ini, pada pertanyaan spontan Jokowi dipilih oleh 38,2 persen responden.
“Sementara Prabowo Subianto 20,5 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono 2,7 persen,” ujar Rikola saat merilis hasil survei itu di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis, 10 Mei 2018. Urutan selanjutnya ditempati Gatot Nurmantyo dan Hary Tanoesoedibjo dengan pertanggungjawaban 1 , 6 persen dam 0,9 persen.
Setelah survei spontan, Rikola mengatakan lembaganya melakukan pertanyaan tertutup dengan 19 nama calon. Ternyata, kata dia, suara untuk Jokowi naik menjadi 48,2 persen. Di belakangnya, masih ada Prabowo Subianto dengan 22 persen dan AHY dengan 4,1 persen.
Ada pilihan calon presiden yang dikerucutkan menjadi sembilan orang, yaitu Jokowi, Prabowo, AHY, Gatot, Muhaimin Iskandar, Zulkifli Hasan, Airlangga Hartarto, Budi Gunawan, dan Puan Maharani; suara untuk Jokowi pun masih teratas dengan 47,5 persen.
Pesaing terdekat Jokowi, Prabowo Subianto, meraup 23,4 persen. Dua orang yang membuntuti mereka adalah AHY dengan 4,8 persen dan Gatot Nurmantyo dengan 3,4 persen.
Atas hasil tersebut, Rikola berpendapat posisi Jokowi saat ini belum aman lantaran elektabilitasnya belum melebihi 50 persen. “Sebagai inkumben, jejak masih di bawah 50 persen, masih lima puluh lima puluh peluangnya,” kata dia. “Bahkan Prabowo masih stagnan, juga AHY dan Gatot ada kenaikan tapi tidak signifikan.”
Rikola laporan survei capres-cawapres dan elektabilitas parpol tersebut dilakukan pada 21 April-2 Mei 2018. Metode yang dilakukan adalah stratified systemic random sampling dengan responden sebanyak 1601 orang dan margin of error 2,5 persen.
Sumber: Tempo.co

About Post Author

Rizal

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply